KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 2013
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan
berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial,
barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan
berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami
operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier,
persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier
satu variabel.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antar sudut dan/atau garis, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah
|
Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema Pythagoras.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau
kongruensi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis : besar sudut (penyiku atau pelurus).
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada
segitiga
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian
lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun
ruang.
|
||
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
4.
|
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami
konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTs
RABU 24 APRIL 2013
1. Hasil dari 4-2 + 2-4 adalah…
a. -1/16 b.
-1/8 c. 1/16 d. 1/8
2. Hasil dari 3
x
adalah…
a. 6
b. 6
c. 6
d.18
3. Hasil dari 3
+ 2
: 1
adalah…
a.
b.
c.
d.
4. Perbandingan uang Ali dan Lia 4 : 3. Jumlah uang mereka Rp560.000,00.
Selisih uang Ali dan Lia adalah…
a. Rp140.000,00 b.Rp120.000,00 c.Rp100.000,00 d.Rp80.000,00
5. Setelah 9 bulan uang tabungan Susi di
koperasi berjumlah Rp3.815.000,00. Koperasi memberi jasa simpanan berupa uang
12% per tahun. Tabungan awal Susi di koperasi adalah…
a. Rp3.500.000,00 b.Rp3.550.000,00 c.Rp3.600.000,00 d.Rp3.650.000,00
6. Suatu
barisan aritmetika suku ke-2 adalah 19 dan suku ke-5 adalah 31. Jumlah
24 suku pertama adalah…
a. 1.284 b.
1.464 c. 2.568 d. 2.928
7. Suku ke-48 dari barisan bilangan 3, 10, 17, 24, 31 … adalah…
a. 147 b.
151 c. 332 d. 336
8. Rumus suku ke-n dari barisan
bilangan 27, 9, 3, 1, … adalah…
a. 33-n b. 34-n c. 3n-3 d. 2n-4
9. Himpunan penyelesaian dari 2x + 5
≤ 3x - 3 untuk x bilangan bulat adalah…
a. {x│x
≥ 8, x bilangan bulat} c.
{x│x ≤ 8, x bilangan bulat}
b. {x│x
> 8, x bilangan bulat} d. {x│x < 8, x bilangan bulat}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar