Minggu, 05 Mei 2013

belajar geogebra

Setelah hampir 2 bulan belajar geogebra    ternyata masih banyak yang perlu dipelajari.   Banyak hal yang masih belum dipahami, artinya aq harus terus belajar.Pertama kenal geogebra ketika aq ikut diklat online geogebra yang diadakan oleh P4TK Matematika. Aq sangat bersyukur  bisa mengikuti diklat  yang diadakan dari tanggal 21-25 September, walaupun secara online. Dengan geogebra, semua terasa mudah. ketika mengajarkan gradien, dan operasi geometri lain ,apalagi penggunaan slider membuat pembelajaran jadi sangat menarik.
Geogebra adalah salah satu software pembelajaran matematika,dimana bisa melakukan operasi geometri secara dinamis, aljabar dan kalkulus. Software yang gratis bisa digunakan online & offline. Software geogebra ini bersifat open source yang digunakan di operasi windows ataupun linux. Geogebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada Java Runtime . Sebelum melakukan instalasi geogebra maka komputer anda harus terlebih dahulu diinstall program JRE  atau Java Runtime Environtment. Jika JRE blm terpasang maka aplikasi geogebra tidak bisa jalan.
Penggunaan tool yang simpel membuat kita mudah untuk membuat titik, vektor, segmentasi ,juga garis. Selain perintah standar Geogebra, kita bisa memasukkan persamaan dan pertidaksamaan matematika pada Input Bar, Geogebra pun langsung menggambarkan persamaan/pertidaksamaan tersebut ke dalam grafik.
Bekerja dengan geogebra
A. Membuat Objek dasar
1. membuat garis klik tool untuk garis kemudian klik titik pertama di area kerja dan titik kedua maka garis akan muncul, dengan langkah yang sama pilih tool segmen garis hasilnya akan berbeda.
2. membuat garis sejajar atau tegak lurus, langkahnya ; buat satu buah garis / segmen garis dan satu titik di luar garis, kemudian klik tool garis sejajar / tegak lurus, kemudian klik garis dan titik yang sudah dibuat maka akan muncul garis baru sesuai yang kita harapkan.
3. membuat polygon dengan berbagai jumlah sisi, misal membuat segitiga langkahnya ; klik tool polygon buat titik pertama, kedua dan kembali ke titik pertama maka segitiga sudah terbentuk.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar