Sabtu, 11 Mei 2013

SKL UN MATEMATIKA 2012


SKL UN MATEMATIKA 2012 DAN SOAL-SOAL

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
2.
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
3.
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
4.
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
5.
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

 
Hai, guys,....Mari kita coba menyelesaikan soal matematika berdasarkan SKL 2012 yuk....

1.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.

SOAL :

1.Hasil dari 96 : 8 + 4 – 14 x (-3) adalah...

a. 58                            b. 50                            c. 32                            d. -6

KUNCI :A

2. Tiga orang Satpam mendapatkan giliran jaga pada malam hari. Satpam yang pertama bertugas setiap 3 hari sekali, Satpam kedua setiap 4 hari sekali dan Satpam ketiga setiap 6 hari sekali. Jika tanggal 17 Januari 2012 semua satpam bertugas bersama-sama pertama kali, maka mereka akan bertugas bersama-sama lagi untuk yang kedua kali pada tanggal...

a. 28 Januari 2012       b. 29 Januari 2012       c. 30 Januari 2012       d.31 Januari 2012

KUNCI: B

2.      Indikator :Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.

SOAL :

3.Seorang kontraktor bangunan, memperkirakan dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu 9 bulan dengan 280 orang pekerja. Jika ia ingin menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 6 bulan, maka diperlukan pekerja sebanyak.... orang

a. 190                          b. 283                          c. 298                          d. 420

KUNCI : D

4.Sebuah gedung panjangnya 16 m dan lebarnya 9 m. Jika dibuat model dengan lebar 2,25 cm, maka panjang gedung pada model adalah...

a. 3,25 cm                    b. 4 cm                        c. 4,25 cm                    d. 5 cm

KUNCI : B

3.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar.

SOAL :

5.Hasil dari 3  2   + 4    + 7   adalah...

a. 3                             b. 3                             c. 22                            d. 14

KUNCI : A

4.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.

SOAL :

6.Pak Saleh meminjam uang di koperasi sebesar Rp 500.000,00 dengan bunga 1 % per bulan. Jika Pak Saleh ingin mengangsur selama 8 bulan, maka besar angsuran per bulan adalah...

a. Rp 75.500,00           b. Rp 72.000,00           c. Rp 67.500,00           d. Rp 50.000,00

KUNCI : C

5.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

SOAL :

7. Suku ke-5 dan ke-6 dari barisan bilangan 2,5,9,14,... adalah....

a. 18 dan 22    b. 19 dan 23                c. 20 dan 27    d. 17 dan 20

KUNCI : C

8. Di dalam gedung pertunjukkan terdapat 12 baris kursi. Baris pertama terdapat 30 kursi, baris kedua 35 kursi, dan seterusnya, setiap baris di belakangnya bertambah 5 kursi. Banyaknya kursi di dalam gedung adalah...

a. 390 kursi                 b. 690 kursi                 c. 720 kursi                  d. 1.380 kursi

KUNCI : B

6.      Indikator : Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.

SOAL :

9.Bentuk faktor dari a2 - 7a + 6 adalah...

a. ( a + 1 ) ( a – 7 )      b. ( a – 1 ) (a + 7 )       c. ( a + 1 ) ( a + 6 )      d. ( a – 1 ) ( a – 6 )

KUNCI : D

7.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.

SOAL :

10.Himpunan penyelesaian dari  -6 ( y + 2 ) + 4y    -6   adalah...

a. y  -3         b. y  -3           c. y  -6         b. y  -6   

KUNCI :A         

11.Selisih dua bilangan adalah 7 dan jumlah kedua bilangan itu 31. Bilangan yang terkecil adalah...

a. 10                b. 12                c. 14                d. 16

KUNCI : B

8.      Indikator: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.

SOAL :

12.Diketahui M = { bilangan asli kuadrat  kurang dari 60 }. Himpunan M dinyatakan dengan...

a. {0,1,4,9,16,25,36,49,64}                              c. { 1,4,9,16,25,36,49}

b. {0,1,4,9,16,25,36,49}                                   d. {4,9,16,25,36,49}

KUNCI : C

13.Dalam sebuah kelas terdapat 17 siswa gemar matematika, 15 siswa gemar Bahasa Indonesia dan 8 siswa gemar keduanya. Banyak siswa dalamkelas itu adalah...

a. 16 orang                  b. 24 orang                  c.32 orang                   d. 40 orang

KUNCI : B

9.      Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.

SOAL :

14.Bayangan -2 oleh fungsi f(x) = 3 – 2x2 adalah...

a. 19                b. 11                            c. -5                             d. -13

KUNCI : C

10.  Indikator : Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.

SOAL :

15.Gradien garis dari garis 2x – 4y + 3 = 0 adalah...

a. -2                 b.   -                                c.                              d. 2

KUNCI : C

16.Persamaan garis lurus yang melalui titik A(2,3) dan B(0,1) adalah...

a. y = x + 1       b. y = x – 1                   c. y = -x + 1                  d. y = -x – 1

KUNCI : A

11.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

SOAL :

17.Jika x dan y adalah penyelesaian dari 2x – 3y = 16 dan 3x – 2y = 19. Nilai dari x – y adalah...

a. 10                b. 7                              c. 5                              d. 3

KUNCI : B

18.Harga 3 pasang sepatu dan 5 buah tas adalah Rp 290.000,-Sedangkan harga 4 pasang sepatu dan 2 buah tas adalah Rp 200.000,-Harga 3 pasang sepatu dan 2 buah tas adalah...

a. Rp 195.000,-            b. Rp 190.000,-            c. Rp 180.000,-            d. Rp 170.000,-

KUNCI: D

12.  Indikator : Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras.

SOAL :

19.Perhatikan gambar disamping!                           A                                            C                   

Jika AB = 9 cm dan BC = 15 cm

Maka panjang AC adalah...                                 9 cm

a.      6 cm                                                                                             15 cm

b.      12 cm

c.       14 cm

d.      24 cm                                                               B

KUNCI : B

13.  Indikator: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

SOAL :

20.Sebidang lantai berukuran 2,8 m x 3,2 m akan ditutupi keramik persegi berukuran 40 cm x 40 cm. Banyak keramik yang diperlukan adalah...

a. 56 buah                   b. 54 buah                   c. 50 buah                   d. 48 buah

KUNCI : A

21.Pada belah ketupat ABCD diketahui panjang diagonal AC = 24 cm. Jika luas belah ketupat itu 120 cm2, maka panjang diagonal BD adalah...

a. 5 cm                        b. 10 cm                      c. 12 cm                      d. 14 cm

KUNCI : B

14.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.

SOAL :

22.Diketahui sebuah persegi panjang dengan lebar kurang 2 cm dari panjangnya. Jika keliling persegi panjang itu 36 cm, maka panjangnya adalah...

a. 12 cm                      b. 10 cm                                  c. 8 cm                        d. 6 cm

KUNCI : B

23.Sebidang tanah berbentuk trapesium sama kaki dengan keliling 48 m dan dua sisi yang sejajar panjangnya 8 m dan 20 m. Jika harga tanah Rp 75.000,- tiap m2, maka harga seluruh tanah adalah...

a. Rp 6.300.000,-         b. Rp 7.500.000,-         c. Rp 8.000.000,-         d. Rp 8.400.000,-

KUNCI : D

15.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.

SOAL :

24. Besar sudut x pada gambar berikut adalah…


a.      450                   b. 750               c. 1050             d. 1200

KUNCI : C

25. Dua garis sejajar dipotong oleh sebuah garis maka jumlah besar sudut dalam sepihak sama dengan…

a.450                b. 900               c. 1800             d. 3600

KUNCI : C

16.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.

SOAL :

26. Perhatikan gambar di bawah ini, jika ÐADE = 350 maka  ÐDEB =....


a.      350              b. 500                              c. 700               d. 850

KUNCI : D

17.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

SOAL :

27.Ahmad naik sepeda dengan diameter roda 35 cm. Jika roda sepeda  berputar sebanyak 3.000 kali, maka jarak yang ditempuh Ahmad adalah...

a. 1,1 km                     b. 3,3 km         c. 3,5 km         d. 5,1 km

KUNCI: B

28.Pada gambar lingkaran disamping,                                                         

Panjang jari-jari OA= 21 cm,  AOB = 600

Panjang busur AB adalah...

a.22 cm                       c. 44 cm         

b. 27 cm                      d. 66 cm                                           

KUNCI : A                                                                                                                                                                                                  

18.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.

SOAL :

29. Dalam  dibawah ini, nilai x adalah…


a.4                   b. 4,5               c. 5                  d. 5,5

 

30.Sebatang tongkat dengan panjang 3 m membentuk bayangan 8 m. Pada saat yang sama, tinggi cerobong asap yang membentuk bayangan 16 m adalah...

a. 9 m              b.  8 m             c. 7 m                          d. 6 m

KUNCI : D

19.  Indikator : Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.

SOAL :

31.Banyak sisi pada limas dengan alas segi-8 adalah...

a. 9                  b. 10                c. 16                d. 24

KUNCI : A

32. Banyak diagonal ruang pada balok adalah...

a.2                   b. 4                  c. 6                  d. 8

KUNCI : B

20.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.

SOAL :

33.  Yang merupakan jaring-jaring kubus pada gambar di bawah ini adalah…

a.                                                                                                                                                    

 

 

b.     
 
                                                                                                                                                                     


                     

 

c.        

 

 


                    

d.       

 

 


                                     

 

21.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

SOAL :

34. Jumlah luas sisi-sisi kubus yang panjang rusuknya 6 cm adalah...

a. 36 cm2         b. 72 cm2                     c.144 cm2                    d. 216 cm2

KUNCI: D

35. Bila luas kulit bola 616 cm2 dan   =    maka jari-jari bola itu adalah...

a. 28 cm          b. 21 cm                      c. 14 cm                      d. 7 cm

KUNCI : D

22.  Indikator : Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

SOAL :

36. Mean yang disajikan pada tabel di bawah ini adalah...

Nilai
4
5
6
7
8
Frekuensi
4
2
6
5
3

a. 5,05                         b. 6,05                         c. 6,50                         d. 6,75

KUNCI : B

37. Rata-rata nilai dari 12 orang siswa adalah 7,5. Setelah nilai 3 orang siswa baru dimasukkan, rata-rata nilainya menjadi 7,8. Rata-rata nilai dari 3 orang siswa baru tersebut adalah...

a. 9                  b. 8,5               c. 8                  d. 7,5

KUNCI : A

 

23.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

SOAL :

38. Diagram lingkaran ini menunjukkan pengeluaran keuangan Dany setiap bulan. Jika jumlah uang yang dimiliki Dany selama sebulan Rp 270.000,- maka pengeluaran untuk uang sekolah sebesar…

a.      Rp 15.500,00

b.      Rp 19.000,00

c.       Rp 28.500,00

d.      Rp 38.000,00

KUNCI : C

 

24.  Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

SOAL :

39. Dalam suatu kelas terdapat 25 siswa putri dan 15 siswa putra. Jika salah seorang dipanggil oleh wali kelas secara acak, maka peluang terpanggilnya siswa putri adalah...

a.                b.                c.                d.                

KUNCI : A

40. Pada pelemparan sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6 adalah...

a.                 b.                c.                d.             

KUNCI : C  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar